Wednesday 2 September 2015

Kota Malang


Hai readers!! Ini postingan pertama saya dari pelatihan PATI di UMM. Saya Akan menulis tentang daerah saya yaitu Kota Malang. Kalau kita bahas semua tentang kota malang pastinya gak akan cukup waktunya jadi kita bahas kebudayaan, ciri khas dan macam macam makanan yang berasal dari kota pendidikan ini.

Pertama kita akan membahas tentang kebudayaan yang ada di kota malang. Salah satu budaya yang terkenal di kota malang adalah "Wayang Topeng Malangan". Wayang ini merupakan hasil dari 3 kebudayaan jawa tengah, madura dan tengger. Hal ini dikarenakan Kota Malang memiliki 3 sub-kultur dari jawa tengah (lereng Gunung Kawi), madura (lereng Gunung Arjuna), dan tengger dari sisa budaya Majapahit (lereng Gunung Bromo-Semeru). Selain Wayang banyak kebudayaan lain seperti Ludruk, Wayang Orang, Wayang Kulit, Ketoprak, Reog, Kuda Lumping dll.

Sumber : http://meilaniwulandari.it.student.pens.ac.id/img/topeng.jpg


Bahasan kedua adalah tentang ciri khas. Di Kota Malang ada satu ciri khas yang tidak dimiliki daerah lain yaitu bahasa terbalik (boso walikan). Sesuai namanya, bahasa terbalik ini merupakan bahasa yang abjat nya dibalik. Seperti MALANG = GNALAM, atau REK = KER. Bahasa ini juga sering di sebut bahasa AREMA yaitu kepanjangan dari Arek Malang.

Ketiga dan yang terakhir kita akan membahas tentang makanan dari Kota Malang. Kalau bicara tentang makanan yang khas di Kota malang adalah tidak lain Bakso Malang. Bakso Malang banyak dijumpai di pinggir jalan, warung makan sampai restoran di Kota malang juga menyediakan Bakso. Bakso sendiri ada dua macam yaitu bakso kuah dan bakso bakar.

Bakso Bakar
Bakso Kuah
Sekian dari postingan pertama kali ini, sampai jumpa di postingan selanjutnya. Terimakasih !!




0 comments:

Post a Comment